Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan beranggapan pokok bahasan hidrokarbon membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa SMAS LKMD Sukaramai Kabupaten Kampar. Penelitan ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel terdiri dari dua kelas yang diperoleh dengan teknik simple random sampling, kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,07 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata adalah 76,46. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan sebesar 5%, diperoleh thitung = 2,271 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Course Review Horay berbantuan Macromedia Flash berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAS LKMD Sukaramai dengan koefisien pengaruh sebesar 6,5 %. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Course Review Horay, Macromedia Flash, Hasil Belajar, Hidrokarbon.