Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang kurang baik yang menyebabkan hasil belajar khususnya kemampuan kognitif siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri Kampar pada mata pelajaran kimia masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Preview, Question, Reflect, Recite, Review (PQ4R) menggunakan media Hand-Out terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran kimia kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kampar pada materi konsep mol. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X IPA yang terdiri dari 3 kelas pada tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,543 dan ttabel = 1,676 dan menunjukkan thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan strategi Preview, Question, Reflect, Recite, Review (PQ4R) menggunakan media HandOut terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran kimia kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kampar pada materi konsep mol dengan persentase peningkatan sebesar 10,5%. Kata Kunci : Strategi PQ4R, Media Hand-Out, Kemampuan Kognitif