Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Al-Fajar Pekanbaru. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Al-Fajar Pekanbaru. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini sebanyak 88 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu angket dalam bentuk skala likert dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisa korelasi product moment dengan program SPSS 17. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Fajar Pekanbaru. Dari hasil yang di peroleh terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Al-Fajar Pekanbaru. Hal ini dapat di ketahui dari hasil analisa data yang di peroleh yaitu sebesar nilai rhitung = 0,351 sedangkan nilai rtabel (5% ) (df = N-2 = 88-2=86 ) sehingga r tabel = 0,256. Karena rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,256 > 0,205 maka dapat di artikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar trhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih. Koefesian determinan yang di hasilkan adalah sebesar r 2 = 0,065 dengan p = 0,016 ( p < 0,05) maka dapat di lihat bahwa kedisiplinan belajar memberi pengaruh sebesar 6,5% terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Al-Fajar Pekanbaru