USULAN PERBAIKAN KINERJA PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE SERVPERF DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI IGD RSUD BANGKINANG
Daftar Isi:
- Penurunan persentase jumlah kunjungan pasien di IGD RSUD Bangkinang pada Tahun 2014 sebesar 23% dan pada tahun 2015 hanya meningkat sebesar 2%dengan tingkat kepuasan pasien hanya63%.MetodeSERVPERF digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan.Metode QFD yaitu alat yang digunakan untuk memperbaiki kinerja pelayanan berdasarkan keinginan pelanggan.Berdasarkan perhitungandengan menggunakan metode SERVPERF dan QFD didapat usulanprioritas perbaikan yaitu “pengadaan pelatihan sikap dan prilaku serta training kerja”, “pengadaan unit pelayanan pengaduan keluhan”dan “penegasan peraturan disiplin kerja” Dengan adanya perbaikan ini diharapkan kepuasan pasien dapat terpenuhi serta mampu mengembalikan namabaik RSUD Bangkinang dimata masyarakat.Kata Kunci:Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, QFD,SERVPERF