USULAN PERBAIKAN PELAYANAN DI DINAS TENAGA KERJA TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI RIAU MENGGUNAKAN METODELEAN SERVPERF(LEAN SERVICE DAN SERVICE PERFORMANCE)
Daftar Isi:
- Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Riau merupakan salah satu instansipemerintahan yang melayani masyarakat khususnya di bagian tenaga kerja.Penelitian inibertujuanuntuk menentukan perbandingan antara tingkat kepentingan dengan tingkat kinerja yangdiberikan, penyebab ketidakpuasan pencari kerja, serta memberikan usulanperbaikan untukmeningkatkan kualitas pelayanan. Metode yang digunakan ialahlean servicedanserviceperformance.Metodelean serviceadalah suatu metode yang dirancang untuk mengeliminasiwaste, mengurangi waktu tunggu, memperbaikiperformance, dan mengurangi biaya. Metodeservice performancelebih bisa menjawab permasalahan yang muncul dalam menentukan kualitasjasa karena bagaimanapun pencari kerja hanya akan menilai kualitas pelayanan yang merekaterima.Berdasarkan hasil data yang telah diolah bahwa tingkat kinerja masih berada pada rata-ratarendah dengan nilai rata-rata sebesar 63,15 sedangkan tingkat kepentingan berada pada rata-ratatinggi dengan nilai rata-rata sebesar 85,96.Pelayanan dan fasilitas yang terdapat diDisnakertransduk tidak memuaskan atau kurang baik.Dengan mengetahui nilai dari tingkat kinerjadan tingkat kepentinganserta penyebab ketidakpuasan pencari kerjaakan lebih memudahkanpihak Disnakertransduk untuk mengevaluasi apakah pelayanan yang diberikansudahsesuaidengan keinginan pencari kerja.Usulan perbaikan yangdiberikandenganmelakukan pelatihanterhadap pegawai, penyediaan anggaran dana, penegasan aturan kerja, perluasan area, danmenyediakandisplayinformasi.Kata Kunci:Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan,LeanService,Service Performance