PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang diantaranya disebabkan oleh proses pembelajaran yang monoton serta kurangnya peran guru dan siswa dalam proses pembelajaran . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media Microsoft Power Point terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA pada pokok bahasan koloid Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di mana sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan simple random sampling sebagai teknik yang digunakan dalam penelitian. Data dikumpulkan menggunakan hasil tes, observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes-t didapat thitung = 4,28 yang lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 1,991 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai koefisien pengaruh (Kp) sebesar 19,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media Microsoft Power Point terhadap hasil belajar kimia siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Kata kunci: Teams Games Tournament, Microsoft Power Point, hasil belajar, koloid