PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR UTARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Utara pada mata pelajaran kimia khususnya pada materi hidrokarbon masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Utara pada materi hidrokarbon. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 5 kelas pada tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 2,42 dan ttabel = 2,02 dan menunjukkan thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media Audiovisual terhadap hasil belajar siswa dengan persentase peningkatan sebesar 11%. Kata Kunci: Media Audiovisual, Hasil Belajar