DESAIN DAN UJI COBA LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANGKINANG KOTA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas lembar kerja siswa dengan pendekatan scaffolding yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar dan Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bangkinang Kota. Subjek penelitian adalah ahli desain media, ahli materi pembelajaran dan guru-guru kimia di sekolah dan objek penelitian adalah lembar kerja siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia dengan pendekatan scaffolding. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari angket. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Lembar kerja siswa yang dihasilkan telah teruji dengan tingkat kevalidan 84,98% (sangat valid) dan tingkat kepraktisan 87% (sangat praktis). Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa lembar kerja siswa yang diujicobakan layak dan praktis untuk dijadikan bahan ajar tambahan guru di sekolah. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Scaffolding, Kesetimbangan Kimia