Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan kurangnya rasa saling membantu antar siswa dalam memahami materi pelajaran secara bersama-sama dan belum dimanfaatkannya sumber belajar secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) dengan bantuan video terhadap hasil belajar kimia siswa khususnya pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Mandau. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di mana sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan simple random sampling sebagai teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan hasil tes, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dengan thitung > ttabel adalah 3,7 > 1,9893, yang bermakna bahwa adanya pengaruh positif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 14,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) dengan bantuan video terhadap hasil belajar kimia siswa khususnya pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Mandau. Kata Kunci: Teams Assisted Individualization, Video, Hasil Belajar, Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur.