Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi sistem koloid. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2017 di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent (pretest and posttest) control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel diambil secara acak dari tiga kelas yang telah diuji homogenitas. Kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 2 dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Tes hasil belajar berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, kesukaran, dan daya beda. Analisis data pada kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh nilai thitung = 3,4 dan ttabel pada nilai db 69 dan taraf signifikan 5%, = 1.99, maka t hitung> t tabel atau 3,4 > 1,99, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi sistem koloid, dengan peningkatan sebesar 14%. Kata Kunci: Advance Organizer, Peta Konsep, Hasil Belajar, Sistem Koloid