Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar melalui teknik Socratic seminars. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam belajar, diantaranya, rendahnya perhatian siswa dalam belajar, siswa kurang menjawab dan mengajukan pertanyaan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 012 Naumbai. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran Socratic Seminars dan peningkatan aktivitas belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data aktivitas guru dan siswa denganmenggunakan rumus . Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa teknik pembelajaran Socratic Seminars dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan rata-rata persentase 50,7%, setelah dilakukan tindakan padasiklus I mencapai 65%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,14%. Dengan demikian teknik itu dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Teknik Socratic Seminars, Ilmu Pengetahuan Sosial