Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru yang bersertifikat pendidik di Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar serta faktor pendukung dan faktor penghambat kinerja guru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kinerja guru yang bersertifikat pendidik dalam menyusun perencanaan pembelajaran, dan mengelola kelas di Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Pagar yang bersertifikat pendidik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa Kinerja pada kompetensi pedagogik guru yang Bersertifikat Pendidik di Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar dalam menyusun perencanaan pembelajaran“sangat baik” hal tersebut dibuktikan kategori sangat baik atau 90%, kinerja guru dalam mengelola kelas kategori sangat baik atau 90%, artinya bahwa kinerja pada kompetensi pedagogik guru yang bersertifikat pendidik di Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar dalam menyusun perencanaan pembelajaran, mengelola kelas secara keseluruhan telah memenuhi kinerja dengan rata-rata sangat baik,sertafaktor pendukung kinerja guru yang bersertifikat pendidik adalah latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar, pelatihan, dan faktor penghambatnya adalah sarana dan prasarana yang belum memadai. Kata Kunci: Kinerja Guru, Bersertifikat Pendidik