PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN MENGUASAI PELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi permainan menguasai pelajaran di kelas V Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, hal ini terlihat kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran seperti siswa lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru, dan ketika dilakukan diskusi siswa kurang aktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian iniadalah penerapan strategi permainan menguasai pelajaran dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa strategi permainan menguasai pelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat motivasi belajar siswa sebelum tindakan hanya 61%. Setelah menerapkan strategi permainan menguasai pelajaran pada siklus I motivasi belajar siswa meningkat menjadi 72%. Pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 80%. Artinya, sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi permainan menguasai pelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Kata Kunci : Penerapan /Strategi Permainan Menguasai Pelajaran /Motivas Belajar Siswa /Ilmu Pengetahuan Alam