Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dilengkapi catatan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tempuling. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, data awal yang diambil dari nilai materi sebelumnya dan data akhir diambil dari selisih pretes dan postes kedua kelas. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,23 dan ttabel = 2,000 dan menunjukkan thitung > ttabel, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan peningkatan sebesar 16,14%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Numbered Head Together, Catatan Terbimbing, Hasil Belajar, Hidrokarbon.