Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya LKS berbasis Discovery Learning dan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis Discovery Learning yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis Discovery Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung. Objek penelitian ini adalah lembar kerja siswa berbasis Discovery Learning. Pengambilan data dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi, angket siswa dan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Berdasarkan uji validitas, lembar kerja siswa berbasis Discovery Learning dinyatakan valid dengan persentase tingkat kevalidan 80,01%. Berdasarkan uji praktikalitas, lembar kerja siswa berbasis Discovery Learning dinyatakan praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 81,64%. Dari hasil tersebut, mengidentifikasikan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah menggunakan lembar kerja siswa berbasis Discovery Learning, kemampuan berpikir kritis matematis siswa diperoleh persentase tingkat penguasaan yaitu 87,5% yang termasuk pada kategori tinggi. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa.