Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan belajar untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam As-Shofa Pekanbaru, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan belajar untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam As-Shofa Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, dan informan penelitian adalah 2 orang guru bimbingan dan konseling, sedangkan objek penelitian ini adalah efektivitas mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan belajar untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam As-Shofa Pekanbaru. Penulis melakukan penarikan populasi dan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan mengambil kelas VII. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui jawaban rumusan masalah 1 dan 2 dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Setalah data yang diperoleh di lapangan dianalisis. Maka disimpulkan bahwa (1) Efektivitas mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan belajar untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam As-Shofa Pekanbaru dengan perolehan persentase 75,96% tergolong efektif. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam As-Shofa Pekanbaru adalah kualitas guru pembimbing, waktu pelaksanaan layanan dan fasilitas layanan bimbingan konseling kepada siswa sudah bagus, sehingga hasil dari layanan yang diberikan menjadi efektif. Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Bimbingan Kelompok Bidang Bimbingan Belajar, Disiplin Belajar