Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala bahwa sebagian Guru Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Tualang kabupaten Siak telah sertifikasi, namun kemampuan dan keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Dengan rumusan masalah: (1) Untuk mengetahui Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak; (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Penelitian dalam Tesis ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Tualang Kabupaten Siak, yakni MTs I’aanatuth Thalibiin, MTs AlWathaniyah dan MTs An-Nur Tualang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Tualang kabupaten Siak yang mencakup; kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengadakan hubungan antar pribadi, melaksanakan penilaian hasil belajar, melaksanakan program pengayaan, dan remedial, belum maksimal. (2) Faktor yang mempengaruhi kinerja guru Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Tualang Kabupaten Siak adalah; kedisiplinan, kesejahteraan, supervisi Kepala madrasah, dan penilaian kinerja guru.