MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PREVIEW, QUESTIONS READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW (PQ4R) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 018 PAGARUYUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Wiji Lestari,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1769/1/2011_2011637.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1769/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode PQ4R sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman PQ4R Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 018 Pagaruyung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berdasarkan hasil pengamatan di SDN 018 Pagaruyung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar antara lain: hanya 5 orang dari 17 siswa yang mampu memahami teks bacaan dalam sebuah cerita. Apabila guru melemparkan pertanyaan yang menyangkut tentang teks bacaan dalam sebuah cerita, terlihat hanya sebahagian kecil siswa yang mampu menjawab. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi cerita, hanya sebahagian kecil dari sejumlah cerita, terlihat hanya sebahagian kecil siswa yang mampu menjawab. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi cerita hanya sebahagian kecil dari jumlah siswa yang mampu mendeskripsikannya di depan kelas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode PQ4R pada siswa kelas V SDN 018 Pagaruyung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar? Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus di lakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan tanpa hambatan yang menganggu kelancaran penelitian, peneliti tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui Pemahaman siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum dilakukan tindakan rata-rata klasikal nilai siswa adalah 68,4%. Pada siklus I Kemampuan Membaca Pemahaman siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 74,8%. Sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan kategori baik dengan rata-rata persentase 85%. Dengan demikian penggunaan metode PQ4R dapat meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 018 Pagaruyung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.