PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG
Daftar Isi:
- enelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa yang terlibat dalam pembelajaran ekonomi. Objek penelitian ini adalah pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling pada pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rhitung>rtabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,159<0,961>0,210) yang berarti bahwa terdapat pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Besarnya persentase pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 92,3%, sedangkan sisanya sebesar 7,7% dipengaruhi oleh variable lain di luar variabel yang diteliti.