Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Utara pada pokok bahasan Hidrokarbon. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Sekolah Menengah Atas 1 Kampar Utara melalui penerapan model pembelajaran Modified Free Inquiry pada pokok bahasan Hidrokarbon. Penelitian ini dengan rancangan pretest dan posttest, dengan jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X3 (eksperimen) berjumlah 22 dan kelas X2 (kontrol) berjumlah 22. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu reaksi reduksi dan oksidasi, pretest dan posttest sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,13 dan ttabel = 2,03 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan rumus Kp, sehingga didapatkan nilai Kp sebesar 10%. Artinya terdapat pengaruh sebesar 10% Kata Kunci : Modified Free Inquiry, Hidrokarbon, Hasil Belajar