Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon. Hal ini dikarenakan siswa tidak berani untuk bertanya sehingga sulit dalam menyampaikan pengetahuan yang dimilikinya dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining menggunakan media flanelgraf terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kimia kelas X SMA Negeri 1 Pangean pada pokok bahasan hidrokarbon. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas X3 sebagai kelas kontrol dan kelas X4 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan postest. Dari hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,129 dan ttabel = 2,009 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining menggunakan media flanelgraf terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kimia kelas X SMA Negeri 1 Pangean pada pokok bahasan hidrokarbon dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 8,46%. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Student Facilitator And Explaining, Media Flanelgraf, Hasil Belajar, Hidrokarbon.