Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Instruction yang valid, praktis serta mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru sebagai subjek uji coba. Objek penelitian adalah LKS Berbasis Problem Based Instruction dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data diperoleh melalui proses validasi LKS oleh validator, proses praktikalitas LKS oleh siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar uji praktikalitas dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji validitas LKS Berbasis Problem Based Instruction termasuk kategori sangat valid dengan persentase 84,65% dan hasil uji praktikalitas LKS Berbasis Problem Based Instruction termasuk kategori sangat praktis dengan persentase 83,17%, serta berdasarkan hasil tes, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa termasuk kategori sedang dengan persentase 74,71%. Sehingga hasil tersebut mengidentifikasi LKS Berbasis Problem Based Instruction yang dikembangkan valid, praktis, dan dapat memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: LKS, Model Problem Based Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika