Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Rambah pada materi Hidrolisis garam. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Pada kelas eksperimen (XI IPA 2) diterapkan model pembelajaran probing prompting, sedangkan kelas kontrol (XI IPA 3) menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji homogenitas sebagai data awal, pretest dan posttest sebagai data akhir Setelah diberi perlakuan yang berbeda dan dilakukan posttest didapat bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan t-test sampel related. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung= 1,92 dan ttabel =1,68 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Rambah pada materi hidrolisis garam, dengan besar pengaruh 7%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting, Hasil belajar