ANALISIS PENILAIAN KINERJA (KEUANGAN DAN NON KEUANGAN) PADA SPBU FADLI ELMI NOMOR 14.283.6116 DESA PESAGUAN KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD
Main Author: | RIZQON JAMIL FARHAS, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1760/1/2013_2013128MEN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1760/ |
ctrlnum |
1760 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1760/</relation><title>ANALISIS PENILAIAN KINERJA (KEUANGAN DAN NON KEUANGAN)
PADA SPBU FADLI ELMI NOMOR 14.283.6116 DESA PESAGUAN
KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN
PELALAWAN DENGAN PENDEKATAN
BALANCE SCORECARD</title><creator>RIZQON JAMIL FARHAS, </creator><subject>300 Ilmu Sosial</subject><description>Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja keuangan dan nonkeuangan
pada SPBU Fadli Elmi nomor 14.283.6116 Desa Pesaguan Kecamatan
Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Analisis penilian kinerja ini
menggunakan pendekatan Balance Scorecard yang meliputi perspektif keuangan,
perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif
pertumbuhan pembelajaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer dan data skunder, baik bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Data
primer diperoleh secara langsung melalui survei kepuasan pelanggan
menggunakan metode sampling insidental dan survei kepuasan karyawan
menggunakan metode sensus, serta hasil dari pengamatan dilapangan dan
wawancara dengan manajer SPBU Fadli Elmi nomor 14.283.6116 Kabupaten
Pelalawan. Data skunder diperoleh dari dokumen-dokumen tertulis dari SPBU
Fadli Elmi, internet, lembaga-lembaga yang terkait, dan studi pustaka. Hasil
kuesioner kepuasan konsumen dan karyawan dianalisis melalui uji validatas dan
reliabilitas.
Penilaian kinerja pada perspektif keuangan dilakukan dengan mengkaji
laporan laba rugi, neraca dan arus kas dari laporan keuangan SPBU Fadli Elmi
periode 2010, 2011, 2012. Kinerja keuangan diukur dari nilai Current Asset,
Debt Ratio, Return on Asset (ROA) dan Total Asset Turn Over (TATO),
menunjukan hasil yang memuaskan dengan skor akhir 93.75%. Pada perspektif
pelanggan, kinerja SPBU Fadli Elmi dinilai cukup baik dengan skor akhir 70%,
yang dianalisis melalui survei kepuasan konsumen dan menghitung tingkat
profitabilitas konsumen. Penilaian pada perspektif proses bisnis internal
menunjukan hasil yang baik dengan skor akhir 83.3%, kriteria pengukuran
dianalisis melalui inovasi penjualan produk dan jasa yang dilakukan,
minimalisasi masalah dan kecepatan pelayanan. Kinerja SPBU Fadli Elmi pada
perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dinilai belum optimal dengan skor
akhir 66.6%. Kinerja keseluruhan SPBU Fadli Elmi nomor 14.283.6116
Kabupaten Pelalawan melalui pendekatan Balance Scorecard dinilai cukup baik
dengan skor akhir 77.98%. SPBU Fadli Elmi sebaiknya memperhatikan aspekaspek
nonkeuangan lainnya dan direkmendasikan untuk menggunakan konsep
Balance Scorecard sebagai sistem pengukuran kinerja dalam pencapaian visi,
misi dan tujuan perusahaan.</description><date>2012-01-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1760/1/2013_2013128MEN.pdf</identifier><identifier> RIZQON JAMIL FARHAS, (2012) ANALISIS PENILAIAN KINERJA (KEUANGAN DAN NON KEUANGAN) PADA SPBU FADLI ELMI NOMOR 14.283.6116 DESA PESAGUAN KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU. </identifier><recordID>1760</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RIZQON JAMIL FARHAS, |
title |
ANALISIS PENILAIAN KINERJA (KEUANGAN DAN NON KEUANGAN)
PADA SPBU FADLI ELMI NOMOR 14.283.6116 DESA PESAGUAN
KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN
PELALAWAN DENGAN PENDEKATAN
BALANCE SCORECARD |
publishDate |
2012 |
topic |
300 Ilmu Sosial |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1760/1/2013_2013128MEN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1760/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja keuangan dan nonkeuangan
pada SPBU Fadli Elmi nomor 14.283.6116 Desa Pesaguan Kecamatan
Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Analisis penilian kinerja ini
menggunakan pendekatan Balance Scorecard yang meliputi perspektif keuangan,
perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif
pertumbuhan pembelajaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer dan data skunder, baik bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Data
primer diperoleh secara langsung melalui survei kepuasan pelanggan
menggunakan metode sampling insidental dan survei kepuasan karyawan
menggunakan metode sensus, serta hasil dari pengamatan dilapangan dan
wawancara dengan manajer SPBU Fadli Elmi nomor 14.283.6116 Kabupaten
Pelalawan. Data skunder diperoleh dari dokumen-dokumen tertulis dari SPBU
Fadli Elmi, internet, lembaga-lembaga yang terkait, dan studi pustaka. Hasil
kuesioner kepuasan konsumen dan karyawan dianalisis melalui uji validatas dan
reliabilitas.
Penilaian kinerja pada perspektif keuangan dilakukan dengan mengkaji
laporan laba rugi, neraca dan arus kas dari laporan keuangan SPBU Fadli Elmi
periode 2010, 2011, 2012. Kinerja keuangan diukur dari nilai Current Asset,
Debt Ratio, Return on Asset (ROA) dan Total Asset Turn Over (TATO),
menunjukan hasil yang memuaskan dengan skor akhir 93.75%. Pada perspektif
pelanggan, kinerja SPBU Fadli Elmi dinilai cukup baik dengan skor akhir 70%,
yang dianalisis melalui survei kepuasan konsumen dan menghitung tingkat
profitabilitas konsumen. Penilaian pada perspektif proses bisnis internal
menunjukan hasil yang baik dengan skor akhir 83.3%, kriteria pengukuran
dianalisis melalui inovasi penjualan produk dan jasa yang dilakukan,
minimalisasi masalah dan kecepatan pelayanan. Kinerja SPBU Fadli Elmi pada
perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dinilai belum optimal dengan skor
akhir 66.6%. Kinerja keseluruhan SPBU Fadli Elmi nomor 14.283.6116
Kabupaten Pelalawan melalui pendekatan Balance Scorecard dinilai cukup baik
dengan skor akhir 77.98%. SPBU Fadli Elmi sebaiknya memperhatikan aspekaspek
nonkeuangan lainnya dan direkmendasikan untuk menggunakan konsep
Balance Scorecard sebagai sistem pengukuran kinerja dalam pencapaian visi,
misi dan tujuan perusahaan. |
id |
IOS7815.1760 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:19Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:19Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821883785117696 |
score |
17.538404 |