Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas II SD IT Aziziyyah Pekanbaru melalui penerapan media neraca bilangan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan media neraca bilangan dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi teknik analisis data ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media neraca bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan diperoleh hasil belajar siswa rata-rata 63,25%. Kemudian setelah menerapkan media neraca bilangan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 71,25%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan ratarata 81,87%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media neraca bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas II Sekolah Islam Terpadu Aziziyyah Kecamatan Tampan Pekanbaru. Kata Kunci: Media neraca bilangan, Hasil belajar.