MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI HUBUNGAN KENAMPAKAN ALAM, SOSIAL DAN BUDAYA DENGAN GEJALANYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE EVENTS OF INTRUCTION SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 011 PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR

Main Author: Rosmiati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1753/1/2011_2011617.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1753/
Daftar Isi:
  • Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa kelas IV SDN011 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. yaitu rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa materi Hubungan Kenampakan Alam, Sosial dan Budaya dengan Gejalanya, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan dengan penerapan Strategi Pembelajaran The Evensts Of Intruction. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan penerapan strategi pembelajaran Events Of Intruction Siswa Kelas IV SDN0 11 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN011 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur, Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah penerapan stretegi pembelajaran The Evensts Of Intruction dalam meningkatkan hasil belajar siswa Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung dengan Penerapan Strategi Pembelajaran The Evensts Of Intruction dan tes hasil belajar siswa yang dilakukan setiap menyelesaikan penelitian satu siklus pada materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dengan rata-rata 68,6 dan ketuntasan kelas mencapai 73% dari keseluruhan siswa setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke 2 maka lebih meningkat dan telah mencapai nilai rata-rata 71,6 dan ketuntasan kelas mencapai 86%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan Strategi The Evensts Of Intruction secara benar maka dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa.