Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan handout terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang Panjang. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas XI MIPA yang mempunyai tingkat homogenitas yang sama. Kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol, dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 80,33 sedangkan kelas kontrol adalah 75,67. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes “t”, maka diperoleh nilai thitung = 2,35 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel,sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan handout terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang Panjang, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 8%. Kata kunci : Problem Based Learning, Handout, Hasil Belajar , Koloid