PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN HEURISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasari oleh kendala yang muncul, yaitu belum tersedianya bahan ajar berupa modul untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis pendekatan heuristik yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai subjek validitas serta peserta didik kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru sebagai subjek praktikalitas dan uji kemampuan pemecahan masalah matematis. Objek penelitian adalah modul matematika berbasis pendekatan heuristik dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan tergolong sangat valid (88,3%), praktis (74,45%) serta mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan tingkat penguasaan sedang (77,07%). Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Modul, Pendekatan Heuristik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.