PELAKSANAAN EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling. (2) faktor pendukung dan menghambat pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah Pelaksanaan Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian adalah Guru BK yang berjumlah 6 orang. Karena jumlah informan hanya 6 maka seluruh Guru BK dijadikan sumber informasi.Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data wawancara dianalisa dengan tekhnik deskriptif kualitatif yaitu tekhnik menggambarkan fenomena yang diperoleh dengan apa adanya, kemudian diklasifikasikan dan digambarkan dengan kalimat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru bimbingan konseling sudah melaksanakan evaluasi program bimbingan dan konseling. Faktor yang mendukung pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling adalah latar belakang pendidikan guru dan Pihak-pihak yang terlibat seperi kepala sekolah, wali kelas, guru mata pelajaran, wali murid, dan bagian kesiswaan yang mendukung kegiatan BK. Sedangkan faktor yang menghambat pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah belum memadai dan waktu yang disediakan masih belum mencukupi. Kata kunci: Evaluasi, program bimbingan dan konseling