PENGARUH PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN HASANAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode survey, question, read, recite, and review (SQ3R) disertai lembar kerja siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi struktur atom di Sekolah Menengah Kejuruan Hasanah Pekanbaru.Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling, sampel diambil 2 kelas yaitu kelas X TSM 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan metode survey, question, read, recite, and review (SQ3R) disertai lembar kerja siswa (LKS) dan kelas X KK 1 sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, tes serta dokumentasi. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai hasil belajar siswa di lakukan uji-t. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,19 dan ttabel = 2,02 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode survey, question, read, recite, and review (SQ3R) disertai lembar kerja siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi struktur atom di Sekolah Menengah Kejuruan Hasanah Pekanbaru dengan Koefisien Pengaruh sebesar 5,45 %. Kata Kunci: Metode Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R), Lembar Kerja Siswa, Hasil Belajar.