Daftar Isi:
  • berbasis Group Investigation yang valid dan praktis untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa bahan ajar LKS dengan materi Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers berbasis Group Investigation untuk siswa kelas XI SMA. Model pengembangan yang dilakukan sesuai dengan Model ADDIE, yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, dan soal tes siswa. Berdasarkan hasil uji validitas dari ahli tegnologi dan ahli materi, LKS berbasis Group Investigation dinyatakan valid dengan persentase 83,35%, sedangkan dari hasil uji praktikalitas, LKS berbasis Group Investigation dinyatakan praktis dengan persentase 86,43% untuk kelompok kecil dan 87,6% untuk kelompok terbatas. Berdasarkan tes pemahaman konsep matematika siswa, LKS berbasis Group Investigation termasuk kategori tinggi dan sudah memfasilitasi pemahaman konsep matematika dengan persentase 88,9%. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika materi Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers ini telah layak dan praktis serta mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Group Investigation, Pemahaman Konsep Matematika