PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI INDRAGIRI HILIR
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Di Indragiri Hilir antara siswa yang diterapkan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan tutor sebaya dengan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Keritang semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 yang berjumlah 72 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan VIII.C sebagai kelas kontrol. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 3 Keritang sebagai variabel terikat dan pengaruh penerapan Realistic Mathematics Education (RME) dengan tutor sebaya sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas satu pertemuan untuk mengadakan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan tutor sebaya dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Berdasarkan hasil analisis data mengunakan Tes âtâ dengan membandingkan nilai dengan dengan taraf signifikan 5% yaitu 2,02 dimana nilai adalah 6,919. Karena maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan tutor sebaya dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pendekatan Realistic Mathematics Educatiaon (RME), Tutor Sebaya, Kemampuan Pemecahan Masalah