Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran contextual teaching and learning dilengkapi media mind mapping terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ujungbatu. Rancangan penelitian menggunakan pretest dan postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas, XI IPA 4 (kelas eksperimen) dan XI IPA 5 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data awal dengan wawancara, angket. Sebagai data akhir pretest dan protest serta dokumentasi. Hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung = 2,41 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan pembelajaran contextual teaching and learning dilengkapi media mind mapping terhadap hasil belajar kimia dengan koofisien pengaruh sebesar 9%. Kata kunci: Contextual Teching And Lerning, Mind Mapping, Hasil Belajar.