Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) yang valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematika siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Plomp yang meliputi fase investigasi awal, fase perancangan, fase realisasi serta fase tes, evaluasi dan revisi. Penelitian ini dilakukan di MTs Bustanul Ulum Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VII.4 dan objek penelitian adalah modul matematika berbasis RME. Jenis data yang diambil dari pengembangan modul matematika berbasis RME ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas oleh dosen/guru (validasi ahli materi pembelajaran dan validasi ahli teknologi pendidikan), angket uji praktikalitas oleh siswa dan posttest. Angket uji validitas bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas modul, angket uji praktikalitas bertujuan untuk mengetahui tingkat kepraktisan modul dan posttest bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan penilaian modul matematika berbasis RME dari ahli materi pembelajaran adalah valid dengan presentase Penilaian modul matematika berbasis RME dari ahli teknologi pendidikan adalah valid dengan presentase . Penilaian modul matematika berbasis RME dari uji coba kelompok kecil adalah praktis dengan presentase 83,47%, dan penilaian modul matematika berbasis RME dari uji coba kelompok terbatas yaitu sangat praktis dengan presentase 91%. Kemudian hasil uji efektifitas dari modul yang dikembangkan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa diperoleh hasil dengan nilai rata-rata di atas KKM. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa modul yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi pokok segi empat. Kata Kunci: Modul, Realistic Mathematic Education (RME), Kemampuan Penalaran Matematika