PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan yang ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Peranap. Desain penelitian ini yaitu quasy eksprimen dengan tipe pretest postest control group design. model pembelajaran problem based instruction sebagai variabel bebas bebas sedangkan hasil belajar merupakan variabel terikat. Sampel terdiri dari dua kelas yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2016. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,82 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata adalah 77,21. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung (2,02) > ttabel (1,99) yang berarti hipotesis Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Peranap dengan koefisien pengaruh sebesar 5,8%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Instruction, Hidrolisis Garam