Daftar Isi:
  • Stakeholder merupakan individu atau kelompok yang memiliki kepentingan terhadap keputusan serta aktivitas organisasi. Penelitian ini ditujukan kepada stakeholder perbankan syariah yaitu pemerintah, manajemen dan karyawan bank syariah, dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran stakeholder perbankan syariah sebagai upaya meningkatkan kinerja, dan menganalisis kendala dan solusi dalam melaksanakan peran stakeholder perbankan syariah sebagai upaya meningkatkan kinerja pada bank BNI Syariah Cabang Pekanbaru. Lokasi penelitian pada Bank BNI Syariah Cabang Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan key informan, adapun key informannya yaitu: OJK Propinsi Riau, manajemen dan karyawan Bank BNI Syariah Cabang Pekanbaru, DPRD Kota Pekanbaru dan masyarakat yang menabung di Bank BNI Syariah Cabang Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui peran stakeholder perbankan syariah sebagai upaya meningkatkan kinerja pada bank BNI Syariah Cabang Pekanbaru dikatakan masing-masing stakeholder telah menjalankan perannya masing-masing dengan baik. Peran pemerintah yaitu OJK Propinsi Riau telah menjalankan perannya dengan cara mengatur, mengawasi dan melindundungi perbankan syariah yang ada di Riau, manajen dan karyawan Bank BNI Syariah Cabang pekanbaru telah menjalankan perannya dengan menjalankan operasional perusahaan dengan maksimal. DPRD Kota Pekanbaru telah menempatkan sebagian dana pemerintah kota Pekanbaru di Bank Syariah/BPRS, dan masyarakat yang menabung juga telah menjalankan perannya dengan menabung di bank syariah dan mereka merasa nyaman dan puas terhadap pelayanan yang diberikan karyawan Bank BNI Syariah Cabang Pekanbaru dan mengajak keluarga, tetangga dan masyarakat yang ada di lingkungannya Kata Kunci: Stakeholder, Bank Syariah, Kinerja