Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas X SMK Taruna Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan postest dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Bervisi SETS (Scince Environment Technolog Society) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMK Taruna Pekanbaru pada pokok bahasan materi dan perubahannya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas X TAV berjumlah (29 siswa) sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Bervisi SETS, dan kelas X TSP berjumlah (23 siswa) sebagai kelas kontrol yang hanya diterapkan berupa pembelajaran konvensional. Hasil pengolahan data akhir menggunakan uji t, sehingga diperoleh nilai thitung = 6,67 sedangkan ttable = 1,67 dan menunjukkan bahwa thitung > ttable, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perolehan koefisien pengaruh sebesar 11,7%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan POE (Predict Observe Explain) bervisi SETS dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia khususnya pada pokok bahasan materi dan perubahannya di kelas X SMK Taruna Pekanbaru. Kata Kunci: POE, SETS, Hasil Belajar