PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RETEH
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning dengan media Audio Visual terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Reteh pada materi ikatan kimia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu X5 (eksperimen) dan X8 (kontrol). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan postest, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan t-test sampel related. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,77 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model Problem Based Learning dengan media Audio Visual terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Reteh pada materi ikatan kimia, dengan pengaruh sebesar 10,85%. Kata kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Audio Visual, Ikatan Kimia