PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar pada siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus Mann Whitney (U-Test) untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1)terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol, 2)tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar tinggi dengan perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol, 3)terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar sedang dengan perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol, 4)tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar rendah dengan perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol. Dengan demikian secara umum metode pembelajaran IMPROVE berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau berdasarkan kemandirian belajarsiswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Kata kunci : Metode Pembelajaran IMPROVE, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.