Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 829 orang. Dari populasi ini peneliti melakukakan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling (pengambilan sampel secara acak sederhana) dengan menggunakan rumus dari Taro Yamane yaitu sehingga jumlah sampel sebanyak 90 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru yakni sebesar 0,332 dengan tingkat probabilitas 0,001. Hal ini diperoleh dari > pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,205 <0,332> 0,267). Besar persentase pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa sebesar 11,0% sedangkan sisanya sebesar 89,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini bagi guru bimbingan konseling adalah sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan program pelayanan bimbingan konseling. Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Bimbingan Konseling