PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIKPLUS-MINUS-INTERESTING DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI LUMBUK KEMANG KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Plus-Minus-Interesting di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lumbuk Kemang Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM sekolah, yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif teknik plus-minus-interesting dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sebelum tindakan hal ini dapat diketahui hasil belajar siswa hanya mencapai 43,75%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 68,75%, dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 84,37%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran aktif plus-minus-interesting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lumbuk Kemang Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Plus-Minus-Interesting, Hasil Belajar Siswa