PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THREE STAY ONE STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif three stay one stray di kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang sudah ditetapkan sekolah yaitu 80. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 37 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif three stay one stray dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik penelitian deskriptif dan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif three stay one stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 46,43%. Setelah siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 60,71%, dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 78,57%. Dengan demikian, penerapan pembelajaran kooperatif three stay one stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Three Stay One Stray, Hasil Belajar