Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji pengaruh sebaran makanan bersertifikasi halal dalam kontek strategi rantaipasok Supply Chain Management(SCM)terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini mengambil studi kasusdi Kecamatan Tampan Pekanbaru. Hasil interview pendahuluan pada masyarakat yang mengkonsumsi makanan bersertifikasi halal sebanyak 30 responden menyatakan bahwa 53% responden tidak puas dengan makanan bersertifikasi halal. Tujuan dalam penelitian ini menganalisis kepuasan pelanggan terhadap rantai pasok makanan bersertifikasi halal. Sampel dipilih dengan menggunakan metode probability samplingpada masyarakat muslim Kecamatan Tampan Pekanbaru. Jumlah sampel melihat pada tabel Isaac dan Micahel dengan tingkat keyakinan 90%, sehingga jumlah sampel dengan populasi 92.546 sebanyak 270 responden. Model SCOR diadopsipada penelitian ini sebagai kerangka membuat instrumen penelitian yang dibagi dalam kategori plan, source, make, deliver dan return. Lebih lanjut regresi linear berganda digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini. Penelitian menunjukkan bahwa kategori level 1 pada Model SCOR menjelaskan variabel source tidak memberikan pengaruh sedangkan make, deliver dan return berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Secara keseluruhan strategi rantai pasok berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa pelanggan tidak mempertimbangkan proses pada pemasok dalam menyediakan makanan bersertifikasi halal.Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Makanan Bersertifikasi halal,Model SCOR,Regresi Berganda