Daftar Isi:
  • Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau merupakan salah satu perguruan tinggi yang terletak dikota Pekanbaru. Penyampaian informasi kepada masyarakat umum, pihak Universitas sudah memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah dengan memberikan informasi mengenai Universitas pada website resmi Universitas, Informasi yang tersedia pada web tersebut bersifat umum dan tidak lengkap sehingga mahasiswa harus mencari dari berbagai sumber untuk informasi yang tidak tersedia pada website tersebut sehingga memakan waktu lebih lama dalam mencari informasi tersebut. Masalah tersebut akan diatasi dengan menggunakan agen yang dapat berkomunikasi dengan manusia yang disebut chatbot. Penelitian yang dilakukan ini merupakan pengembangan penelitian sebelumnya tentang chatbot, pada penelitian sebelumnya chatbot memberikan jawaban semakin lama jika terdapat banyak pengetahuan dan pengetahuan yang dimasukkan kedalam basis pengetahuan harus banyak pertanyaan untuk satu jawaban. Agen chatbot pada penelitIan ini dibangun dengan menggunakan metode pattern matching untuk pencocokan pola pertanyaan dengan pengetahuan yang ada sehingga chatbot dapat memberikan respondan dokumen aiml sebagai pengetahuan. Berdasarkan implementasi yang telah dilakukan dan pengujian User Accpetance Test (UAT)dengan memberikan kuisioner tehadap 25 responden didapatkan hasil persentase sebesar 80,66% yang menjawab setuju. Hasil tersebut termasuk kedalam kelas interval sangat baik pada kelas interval pengujian UAT. Katakunci: AIML, Chatbot, Interval, Pattern Matching, User Acceptance Test (UAT)