PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRAINING MODEL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 049 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Asmanidar, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1733/1/2011_2011593.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1733/ |
Daftar Isi:
- Memperhatikan penomena yang terjadi dilapangan pada siswa kelas III SDN 049 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar, yaitu rendahnya kemampuan membaca puisi siswa, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan strategi Training Model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Training Model dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 049 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 049 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan tes kemampuan siswa dalam membaca puisi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa kemampuan membaca puisi siswa telah mencapai 50% dari seluruh siswa dan belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai 86,36% dari seluruh siswa. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi ”Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Training Model Kemampuan belajar membaca Puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 049 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya akan meningkat di “Diterima” artinya apabila diterapkan strategi Training Model dalam belajar membaca puisi secara tepat dan benar akan dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa.