PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS VA SD NEGERI 009 SENAPELAN KOTA PEKANBARU
Main Author: | Neneng Andriani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1731/1/2011_2011587.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1731/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar Sains siswa khususnya pada pokok bahasan bumi dan alam semesta setelah menggunakan model kooperatif tipe Time Token. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah model kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa pada mata pelajaran Sains kelas VA SDN 009 Senapelan kota Pekanbaru?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 009 Senapelan kota Pekanbaru tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah menggunakan model kooperatif tipe Time Token untuk meningkatkan hasil belajar Sains siswa. Dari analisis data dapat diketahui peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I (satu) pertemuan pertama ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 60%, pertemuan kedua mencapai 66,67%, sedangkan hasil belajar pada siklus ke II (kedua) pertemuan ketiga hasil belajar siswa mencapai 83,33% dan terjadi peningkatan pada pertemuan keempat siklus II hasil belajar siswa mencapai 93,33% . Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan model kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik. Dengan kata lain model kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN 009 Senapelan kota Pekanbaru.