Efektivitas penerapan pembelajaran metode iqro’ dengan menggunakan teknologi digital di Raudhatul Athfal (RA) se Kecamatan Bengkong Kota Batam
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pada kenyataannya praktik mengajar yang dilakukan di RA se Kecamatan pada umumnya masih berpusat pada guru. Metode pembelajaran iqro, yang diterapkan masih mempraktikan cara manual tanpa menggunakan teknologi digital. Jika secara psikologi siswa kurang tertarik dengan metode yang digunakan oleh guru, maka seorang guru harus memiliki kemampuan untuk menggunakan metode yang kreatif salah satunya pembelajaran menggunakan teknologi digital sebagai media pembelajaran. Siswa yang aktif dan kreatif didukung fasilitas serta guru yang menguasai materi dan strategi penyampaian secara efektif akan semakin menambah kualitas kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bersifat kualitatif dan penelitian eksperimen dengan mengambil latar tiga Raudhatul Athfal (RA) se Kecamatan Bengkong yaitu RA Tarbiyyatul Hidayah, RA At-Taubah, RA Munjiyatul Ikhwan, mengumpulkan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkapkan. untuk memeriksa keabstrakan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber, adapun urutan kegiatan penelitian meliputi: perencanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian observasi hasil belajar oleh guru yang melaksanakannya terlihat aspek keaktifan mengalami peningkatan aktivitas dan mutu hasil belajar peserta didik dengan adanya rasa senang dan rasa ingin tahu sehingga terjadi peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an, hal ini menunjukan pembelajaran metode iqro’ dengan menggunakan teknologi digital efektif digunakan pada pengembangan pembelajaran membaca Al-Qur’an khususnya di pendidikan anak usia dini yaitu Raudhatul Athfal. Kata Kunci : Efektifitas, Pembelajaran, Metode iqro, teknologi digital, Raudhatul Athfal