PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BRAIN STORMING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 019 TABING KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Nursadi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1723/1/2011_2011415.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1723/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 019 Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode brain storming. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas dengan tujuan meningkatkan kekurangan yang terdapat di dalam proses pembelajaran di kelas, salah satunya adalah meningkatkan keaktifan belajar kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 019 Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar, karena penulis melihat keaktifan belajar siswa terutama pada mata pelajaran bahasa Indonesia tergolong rendah yaitu 17,7 %, ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan yakni dengan menerapakan metode brain storming, keaktifan belajar kemampuan berbicara siswa terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari hasil observasi siklus pertama dengan rata-rata 46,6%, sedangkan hasil observasi pada siklus kedua dengan rata-rata 88,8%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode brain storming dapat meningkatkan keaktifan belajar kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 019 Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar.