Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Jiwa Tampan Pekanbaru serta mengetahui apa saja faktor penghambat yang mempengaruhi pelayanan kesehatan bagi pasien gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa Tampan Pekanbaru Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala bagian umum Rumah Sakit Jiwa Tampan Pekanbaru, kepala bagian humas, dokter, perawat, staf pegawai, satpam, dan keluarga pasien. Ternik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Jiwa Tampan Pekanbaru belum maksimal di lihat dari indikator pelayanan yaitu 1. Tangibles 2. Empati 3. Responsiveness 4. Reliability 5. Assurance yang masih belum terlaksana dengan baik. Adapun faktor-faktor penghambat pelayanan kesehatan adalah fasilitas yang masih kurang memadai, kurangnya dokter spesialis jiwa,belum terjaminnya keamanan bagi pasien, administrasi yang masih berbelit-belit. kualitas SDM yang masih rendah. Keywords : Kualitas, Pelayanan, Kesehatan, Rumah Sakit.