PENERAPAN STRATEGI NOTIFICATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 017 KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Noveni Yarni,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1713/1/2011_2011185.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1713/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini disebabkan oleh dalam proses pembelajaran kurangnya guru menggunakan media pembelajaran yang tepat, seperti media gambar yang berhubungan dengan sumber daya alam dan siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas terutama pada materi sumber daya alam, hal ini disebabkan guru masih menyampaikan materi dengan metode ceramah. Strategi Notification merupakan cara menarik untuk menghasilkan banyak materi dan informasi yang bisa diceritakan antarsiswa, adapun cara menarik tersebut adalah meminta siswa untuk membawa penggalan berita yang berhubungan dengan materi pelajaran. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi Notification dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas IV SDN 017 Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.? Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan Strategi Notification pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus I dari 22 orang siswa, 16 orang (72,73%) siswa yang tuntas. Sedangkan 6 orang siswa (27,27%) belum tuntas atau memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan yaitu 65, adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan dalam penelitian ini adalah 65. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 19 orang (86,36%) siswa. Sedangkan 3 orang siswa (13,64%) belum tuntas, artinya hasil belajar siswa pada siklus II telah 75% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi Notification dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SDN 017 Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.